Jumat, 25 September 2009

Kunci Sukses Belajar Elektronika

Kunci Sukses Belajar Elektronika
Sebagian orang menganggap elektronika satu cabang ilmu pengetahuan yang ‘sulit’ dipelajari. Menurut saya … anggapan ini tidak seluruhnya benar tapi juga tidak seluruhnya salah. Sebenarnya … mempelajari sesuatu ilmu pengetahuan … apapun itu … prosesnya sama saja. Bagi kita yang betul-betul baru mulai memasuki ‘dunia baru’ terhadap sesuatu materi sangat wajar jika untuk beberapa saat merasa ‘asing’ dan merngalami kesulitan beradaptasi. Namun lama-kelamaan akan terbiasa dan mampu beradaptasi dan mulai menyimpan tips dan trik yang ditemuinya selama belajar. Dan akhirnya bisa mengikuti dengan baik.
Fenomena di atas juga berlaku dalam proses belajar elektronika. Teknik elektronika adalah cabang teknologi yang tersusun dari pengetahuan-pengetahuan yang melibatkan pemahaman kita terhadap beberapa cabang ilmu yang lain, diantaranya adalah : ilmu fisika, ilmu kimia, matematika, dan beberapa pengetahuan lain meskipun tidak seluruhnya menuntut pengetahuan yang tinggi. Dan masih ditambah dengan sangat beragamnya komponen elektronika yang terlibat untuk membentuk suatu rangkaian elektronika dimana masing-masing komponen mempunyai sifat-sifat sendiri yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini memaksa kita harus mampu menyimpan informasi yang lebih banyak selama proses belajar elektronika berlangsung/dijalani.
Berbagai kesulitan belajar elektronika
• Gejala dan proses tidak tampak
Pada umumnya gejala dan proses yang terjadi pada suatu rangkaian elektronika itu tidak tampak dan tidak bisa dilihat secara langsung dengan mata telanjang, terkecuali pada rangkaian yang memiliki bagian yang bergerak atau mengeluarkan cahaya/sinar. Untuk melihat gejala dan proses yang sedang terjadi harus dibantu dengan suatu alat bantu pengukuran/pengujian.
• Melibatkan komponen dalam jumlah banyak
Umumnya, sebuah rangkaian elektronika terdiri atas komponen-komponen yang terangkai satu dengan yang lain dan harus tersambung secara benar, tidak boleh terbalik, tidak boleh salah nilai yang fatal. Apabila hal ini dilanggar besar kemungkinan rangkaian elektronika yang bersangkutan tidak berfungsi atau bahkan komponen-komponennya rusak karenanya.
• Sambungan yang berputar-putar
Umumnya rangkaian elektronika dipasang pada satu papan rangkaian dan demi kepraktisan pemakaiannya rangkaian didesain sedemikian rupa pada satu keping papan berukuran cukup kecil sehingga cukup menyulitkan kita karena ragkaian sering terpaksa membentuk sambungan yang berkelok-kelok atau berputar-putar.
• Melibatkan berbagai hukum dasar fisika dan kimia
Fungsi dari sebuah rangkaian elektronika diperoleh dari berbagai penerapan berbagai hukum dan aturan dasar bidang fisika secara sambung menyambung dimana masing-masing sambungan harus memenuhi ketentuan dalam aturan dan hukum dasar. Karena itu kita harus menguasai ketentuan dalam aturan dan hukum dasar yang mendasari kerja komponen dan rangkaian yang bersangkutan.
Kunci sukses belajar elektronika
Meskipun nampaknya banyak kesulitan yang menghadang dalam belajar elektronika tetapi hal itu hanya berlaku di permulaannya saja. Anda akan merasa sulit karena baru mengenalnya atau bahkan baru mulai mengenal beberapa teori tetapi sudah mencoba menghadapi persoalan elektronika yang kompleks. Kalau anda baru mulai belajar jangan dulu bercita-cita memperbaiki sendiri tv anda yang rusak, tentu saja ini tidak proporsional. Jangan khawatir … anda pasti bisa menguasainya… secara bertahap, setidaknya itu yang saya sarankan.
Untuk anda yang ingin sukses belajar elektronika, tips berikut ini secara pribadi sangat saya sarankan. Menurut saya tips ini berlaku bagi mereka yang ingin belajar elektronika baik untuk sekedar hobbi maupun bagi mereka yang ingin menggunakaannya sebagai profesi.
1. Kuasai dengan baik aturan dan hukum dasar fisika, khususnya topic aturan dan hukum dasar kemagnetan dan kelistrikan. Semua hokum dasar itu merupakan dasar belajar elektronika karena semua aturan dan hokum dasar kemagnetan dan kelistrikan selalu diterapkan pada rangkaian elektronika.
2. Jika memungkinkan, praktekkan berbagai variasi penerapan hokum dasar kemagnetan dan kelistrikan untuk menguatkan sugesti inti aturan dan hokum dasar itu ke dalam memory anda. Pengalaman membuat sambungan (rangkaian) yang sederhana sekalipun sangat membantu tumbuhnya rasa percaya diri anda memahami elektronika.
3. Coba lakukan perhitungan dasar yang bisa dilakukan pada suatu rangkaian, sesuai teori yang berlaku pada rangkaian yang bersangkutan dan bandingkan dengan hasil pengukuran. Proses ini akan menguatkan pengetahuan anda tentang perbandingan kondisi rangkaian yang normal secara teori dan praktek. Di kemudian hari … pengalaman ini akan menuntun anda memahami kondisi normal suatu rangkaian serupa.
4. Mulailah belajar memahami gambar skema rangkaian dengan gambar pengawatan (sambungan nyata) dengan atau dari rangkaian yang sederhana sekalipun. Fungsi dan cara kerja rangkaian elektronika dapat ditemukan dengan memahami gambar skema dan pengawatan. Kemana arus mengalir, komponen mana yang dilewati, dimana menempatkan titik ukur dsb dapat dilakukan dengan cepat jika kita memahami gambar skema rangkaian dengan gambar pengawatan.
5. Hafalkan nama komponen, fungsi umum dan simbol skematik komponen. Simbol-simbol ini nantinya akan disambung satu dengan yang lain dan membentuk skema rangkaian elektronika. Skema rangkaian elektronika akan mempermudah memahami fungsi dan cara kerja rangkaian yang bersangkutan. Mengenal dengan baik fungsi dan cara kerja rangkaian berarti pula anda telah mengenal dengan baik ciri dan tanda rangkaian yang bekerja secara normal. Jika ciri dan tanda yang dimiliki suatu rangkaian elektronika yang anda periksa tidak seperti cirri dan tanda yang diperoleh pada rangkaian normal, berarti anda telah menemukan lokasi pada suatu rangkaian YANG TIDAK NORMAL / RUSAK / MENGALAMI GANGGUAN.
Kunci sukses belajar elektronika di atas khususnya berlaku bagi PEMULA yang baru sama sekali terhadap bidang elektronika atau mereka yang memulai belajar elektronika hanya berdasarkan coba-coba. Dengan prinsip-prinsip tersebut saya yakin anda akan cepat beradaptasi dan mengerti betul elektronika hingga mampu membuat analisa dan menyimpulkan apakah suatu rangkaian elektronika berfungsi dengan baik atau rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar